Selasa, 15 Maret 2011

SOSIALISASI BIDANG PROPAM DI POLRES SARMI

Berdasarkan Surat Perintah Kapolda Papua Nomor : Sprin/66/III/2011 tanggal 04 Maret 2011, maka pada tanggal 04 s/d 08 Maret 2011 Team Bid Propam Polda Papua yang dipimpin langsung oleh Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Drs. SUDARSONO, SH, M.Hum beserta 4 (empat) orang anggota Bid Propam Polda Papua yang terdiri dari : Bripka F. TABORAT, Bripka KAMARUDDIN, Bripka C.C. FERNANDEZ dan Brigadir MUH. SYAMSURI B melaksanakan kegiatan Sosialisasi Bidang Propam dan Back Up penanganan kasus pelanggaran Disiplin dan Kode Etik Profesi Polri di Polres Sarmi.
Selama berada di Polres Sarmi, Team Bid Propam melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya :
  1. Arahan oleh Kabid Propam Polda Papua kepada anggota Polres Sarmi dalam pelaksanaan apel pagi di Mapolres Sarmi;
  2. Pemeriksaan sikap tampang dan Surat Nyata Diri terhadap anggota Polres Sarmi yang dilaksanakan oleh anggota Team di lapangan Apel Mapolres Sarmi;
  3. Sosialisasi Bidang Propam oleh Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Drs. SUDARSONO, SH, M.Hum di Aula Mapolres Sarmi yang diikuti oleh Kapolres Sarmi, Wakapolres Sarmi, para pejabat utama Polres Sarmi, para Perwira dan Bintara Polres Sarmi;
  4. Arahan Kabid Propam Polda Papua kepada jajaran Perwira Polres Sarmi tentang mekanisme dan tata cara penegakan disiplin dan Kode Etik Profesi Polri;
  5. Supervisi ke Seksi Propam Polres Sarmi yang dilaksanakan oleh anggota Team;
  6. Back Up penanganan kasus pelanggaran Kode Etik Profesi Polri yang dilaksanakan oleh anggota Team meliputi pemeriksaan Saksi-saksi terhadap 6 (enam) kasus Disersi dan bimbingan kepada personel Seksi Propam Polres Sarmi tentang langkah-langkah penanganan kasus Disersi / meninggalkan tugas tanpa ijin Pimpinan.

Berikut fhoto-fhoto kegiatan tersebut :


Apel pagi personel polres Sarmi


Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Drs. SUDARSONO, SH, M.Hum
memberikan arahan dalam pelaksanaan Apel Pagi.


Pemeriksaan sikap tampang dan Surat Nyata Diri
kepada personel Polres Sarmi.


Sosialisasi Bidang Propam oleh Kabid Propam Polda Papua


Anggota Polres Sarmi yang mengikuti kegiatan Sosialisasi


Kegiatan supervisi di ruangan Seksi Propam Polres Sarmi


Pemeriksaan berkas administrasi kasus disersi di Polsek Sarmi Kota 
 
Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib, segenap personel Seksi Propam Polres Sarmi merasa sangat terbantu dengan kedatangan Team dari Bid Propam Polda Papua tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis yang dilaksanakan di Polres Sarmi, maka segenap personel Seksi Propam Polres Sarmi dapat lebih memahami mekanisme penanganan perkara pelanggaran Disiplin dan Kode Etik Profesi Polri sehingga dalam menangani kasus-kasus pelanggaran anggota Seksi Propam Polres Sarmi dapat bekerja maksimal sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku di lingkungan Polri.

Selain itu juga diharapkan bahwa setiap pelanggaran Disiplin dan Kode Etik Profesi Polri yang terjadi dapat diproses sesuai ketentuan yang berlaku guna memberikan rasa keadilan kepada pelaku demi menjaga citra Polri yang Profesional, Modern dan Beretika.

1 komentar:

  1. Semoga kedepan juga dilakukan sosialisasi di Polres - Polres Jajaran Polda Papua yang lain, guna tingkatkan pemahaman dan profesionalisme anggota Polri.

    BalasHapus